post

Terjadinya asam lambung naik saat hamil merupakan hal yang wajar, kondisi medis yang biasa dikenal dengan nama gastroesophageal reflux disease ini terjadi bila asam yang ada di lambung naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan perasaan panas di bagian dada. GERD merupakan suatu penyakit yang disebabkan kala anda hamil dan menyebabkan lambung anda tertekan karena janin yang ada didalamnya, selain itu tekanan pada lambung yang di akibatkan oleh rahim yang membesar juga menjadi salah satu faktornya.

Tentunya Anda akan merasa kurang dengan naiknya asam yang ada di lambung anda, namun anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk mengatasi asam lambung anda.

  1. Mengubah kebiasaan makan

Ini adalah cara terbaik untuk mengatasi gangguan asam di lambung anda, anda bisa memakan makanan dengan porsi yang lebih kecil dari biasanya namun dengan waktu yang lebih banyak. Dan ada baiknya untuk Anda makan secara perlahan dan tidak terburu-buru, dan setelah selesai makan jangan biasakan langsung berbaring tunggulah beberapa jam agar lambung bisa memproses makanan secara sempurna.

  1. Meminum minuman yang memberi kehangatan

Ketika asam di lambung sudah naik ada baiknya anda mencoba untuk meminum air hangat, ataupun minuman yang lain yang mampu menekan perut Bunda.

  1. Tidur di posisi ternyaman

Ketika anda sering merasakan sakit karena asam di lambung saat hamil, ada baiknya anda mengatur posisi anda agar Berada di posisi ternyaman ketika tidur. Karena posisi tidur juga mempengaruhi terjadinya kenaikan asam di lambung.

  1. Memakai pakaian yang longgar

Ketika hamil cobalah untuk mengenakan pakaian yang longgar, sehingga memberikan kenyamanan Ketika anda memakainya. Menggunakan pakaian yang ketat mampu memberikan tekanan yang berat pada perut anda, sehingga hal ini mampu memper buruk gangguan asam di lambung anda.

  1. Gunakan antasida

Antasida merupakan obat yang biasa dipergunakan untuk mengatasi sakit maag, namun ketika hamil ada baiknya anda mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda sebelum mengkonsumsi antasida.